SEJARAH

Pembaharuan terakhir 2017-01-30 09:27:53 1034 hits

SMAN 1 Cibeber terletak di Kp Tegal gudang Ds mayak kecamatan Cibeber, 13 Km dari Cianjur Jawa Barat kearah selatan, dikelilingi olah pegunungan hijau, berhawa sejuk dengan pemandangan nan elok.

Berdiri pada tahun 1987 , pada awalnya merupakan sekolah kelas jauh SMAN 1 Cianjur, Karena belum memiliki Ruang belajar KBM dilaksanakan pada siang hari di SMPN 1 Cibeber, Karena Kebutuhan akan ruang Belajar yang mendesak Beberapa tokoh masyarakat Cibeber antara lain : H Syamsudin(Ka Dinas P&K kec.Cibeber) , Bpk Alm. Haji Natsir dan Bpk. Letkol Jumroni, Bpk H Karnafi, Bpk Ajat Sudrajat (Kades Mayak), Bpk Nanay Said sebagai (PLH) dll. dengan swadaya masyarakat mempelopori pembangunan 3 ruang belajar di Kp. Tegal Gudang Desa Mayak yang pada waktu itu berupa tegalan padang rumput sebagai cikal bakal sekolah SMAN 1 Cibeber selanjutnya.

Sepeninggal Drs. Nanay Said beberapa orang yang dipercaya sebagai PLH antara lain Bpk Drs. Arifin , Bpk Drs. Djajuli Vidjaya dan Bpk. Drs. Ahmad Tayun.

Pada tahun 1991 Sekolah kelas jauh SMAN 1Cianjur di Cibeber resmi mendapat penegrian dengan nama SMAN 1 Cibeber , dengan Kepala Sekolah Pertama Drs. S.Dadang Hediana. Semenjak itu SMAN 1 Cibeber mengalami kemajuan yang pesat, baik dari segi sarana dan prasarana maupun prestasi , atas jasa beliau banyak didirikan Ruang belajar dan sarana prasarana penunjang lainnya baik melalui swadaya masyarakat maupun bantuan dari pemerintah.

Pada Tahun 1995/1996 Kepala Sekolah dipegang Bpk Drs. Toni Sutisna , atas prakarsa beliau dengan dibantu oleh dua orang guru IPA , SMAN 1 Cibeber mengulirkan model belajar berorientasi lingkungan, maka didirikanlah Program Botanical Garden dan mendapat bolck Grand dari SSEP program tersebut merupakan program Primadona dan ciri khas SMAN 1 Cibeber sampai saat ini.

Pada tahun tahun berikutnya SMAN 1 Cibeber dikepalai oleh Bpk Drs. Helvy Naldi Mukhtar dan Bpk. Drs. Ahmad Garnida, Sedangkan pada saat ini, dengan kepala Sekolah Bpk. Drs. Danur Djamhur SMAN 1 Cibeber terpilih menjadi Sekolah SKM (Sekolah Kategori Mandiri) merupakan bukti bahwa SMAN 1 Cibeber memiliki andil yang besar dalam memajukan pendidikan dalam skala Nasional.

Rencana Strategis

Kamis, 21/04/2016

Visi Misi

Kamis, 21/04/2016

Fasilitas

Kamis, 21/04/2016

Profil Sekolah

Juma't, 22/04/2016

MUTIARA HADIST

Rasulullah Saw. Bersabda :Perumpamaan Orang Yang Pemurah Dan Orang Yang Bersedekah Seperti Seorang Lelaki Yang Memakai Dua Helai Jubah Atau Dua Helai Baju Besi Dari Dadanya Hingga Keatas. Apabila Orang Yang Berbelanja (Dalam Riwayat Lain: Apabila Orang Yang Bersedekah) Ingin Memberi Sedekah, Maka Baju Itu Longgar Buatnya; Dan Apabila Orang Bakhil Ingin Bersedekah, Maka Baju Itu Menjadi Rimas Dan Panas Sehingga Menutupi Jari-jarinya Serta Menghapus Jejaknya. Abu Hurairah Berkata : Orang Yang Bakhil Ingin Melonggarkan Pakaiannya Tetapi Dia Tidak Mampu Melonggarkannya. Jangan Pernah Berbakhil, Saudaraku!