Visi dan Misi

1. VISI

Terwujudnya peserta didik yang Berprestasi, Sehat, dan berakhlak mulia”.

Sebagai indikatornya adalah sebagai berikut :

 

Indikator Visi Berprestasi :

  1. Berprestasi di bidang akademik dan non akademik : Meraih 10 besar tingkat kabupaten;
  2. Berhasil dalam ujian sekolah, lulus 100% dengan nilai rata-rata ≥ 75;
  3. Di terima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN dan/atau SBMPTN minimal 10% dari jumlah siswa yang mendaftar.

 

Indikator Visi Sehat :

  1. Seluruh siswa Berperilaku sehat diantaranya mencuci tangan dan menggunakan masker untuk mencegah penularan COVID 19 ;
  2. Seluruh siswa membuang sampah pada tempatnya;
  3. Menjaga dan memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah;

 

Indikator visi Berakhlak Mulia :

  1. Terbiasa senyum, sapa, dan salam terhadap semua warga sekolah;
  2. Santun dalam berbicara, bersikap dan bertindak kepada sesama murid, guru dan orangtua;
  3. Tidak sombong;
  4. Berperilaku sesuai norma-norma yang berlaku di masyarakat;
  5. Menjunjung tinggi norma-norma agama.

2. MISI

  1. Melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi untuk menghasilkan peserta didik yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik;
  2. Meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan melalui berbagai kegiatan MGMP, Bimtek, IHT, dan workshop pengembangan profesi untuk mendukung pembelajaran yang efektif, kreatif, inovatif dan menyenangkan;
  3. Meningkatkan program ekstrakurikuler, aktif mengikuti berbagai lomba ekstrakurikuler hingga meraih prestasi tingkat nasional;
  4. Menyelenggarakan bimbingan Ujian Sekolah, SNMPTN, KSN, O2SN, FLS2N;
  5. Mengembangkan potensi jiwa kewirausahaan peserta didik melalui pelatihan kewirausahaan di bidang pengolahan makanan/minuman dan kerajinan tangan;
  6. Menciptakan sistem informasi manajemen berbasis computer, ujian berbasis computer dan android serta pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
  7. Mengembangkan budaya sekolah yang berintegritas(kejujuran, tanggungjawab, keteladanan);
  8. Mengedepankan pendidikan karakter dengan meningkatkan budi pekerti dan akhlak mulia;
  9. Mewujudkan lulusan yang berkarakter, berakhlak mulia dan terampil, serta peduli terhadap lingkungan hidup;
  10. Mengembangkan budaya sekolah yang religius, melalui pembiasaan budaya 5S(senyum, sapa, salam, sopan,santun), doa sebelum/sesudah belajar, melafalkan asmaul husna saat awal pelajaran, menghafalkan juz ke 30 Al Quran;
  11. Menumbuhkan budaya gemar membaca dengan program literasi yang didukung perpustakaan yang lengkap dan berkualitas;
  12. Menanamkan kedisiplinan melalui budaya bersih, budaya tertib, dan budaya kerja;
  13. Melaksanakan pembinaan terhadap nilai-nilai budaya ramah lingkungan;
  14. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, asri, dan nyama;
  15. Menciptakan lingkungan sekolah sehat terutama dimasa Pandemik Covid 19 melalui pengadaan sarana sesuai protokol kesehatan;
  16. Melakukan internalisasi dan sosialisasi serta pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan di sekolah.

 

3. TUJUAN

a. Meningkatkan proses pembelajaran dan mengembangkan berbagai kompetensi peserta didik, sehingga memiliki bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau terjun ke masyarakat.

b. Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan  yang berakhlakul karimah untuk mengembangkan berbagai kompetensi (agama, akademis, ekonomi, dan sosial pribadi).

c. Meningkatkan pengelolaan sekolah melalui manajemen berbasis sekolah

d. Meningkatkan partisipasi masyarakat dan lembaga/organisasi terkait dalam penyelenggaraan pendidikan.

e. Mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, bersih, nyaman dan kondusif untuk belajar.

f. Menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan dan melestarikan sumberdaya lingkungan kabupaten Canjur

g. Meningkatkan kegiatan extrakurikuler yang efektif, efisien berdaya guna untuk menumbuhkan kembangkan potensi dan bakat diri siswa.

h. Mewujudkan kehidupan sekolah yang sopan santun dan berbudaya saling menghargai dan menghormati.

i. Memenuhi semua sarana dan prasarana pembelajaran yang memenuhi standar pelayanan minimal untuk mendukung pembelajaran aktif kreatif serta berbasis lingkungan dan kewirausahaan.

j. Menghasilkan perangkat penilaian yang valid dan reliable sesuai dengan acuan BNSP dan kurikulum 2013.

SASARAN

Siswa :

Meningkatkan prestasi belajar, baik akademis dan non akademis serta memiliki skill untuk meraih masa depan.

Guru :

Profesional dalam melaksanakan tugas serta mampu mengembangkan kreativitas PBM.

Tata Usaha :

Prima dalam kemampuan dan profesional dalam pelayanan.

Kepala Sekolah :

Terampil dalam manajemen administrasi dan efektif dalam pengelolaan anggaran, serta mampu secara terus menerus membina dan meningkatkan suasana kekeluargaan yang harmonis.

Komite Sekolah :

Pendukung penyedia fasilitas pendidikan dan menumbuhkembangkan peran orang tua siswa dalam meningkatkan mutu Pendidikan.

Dinas Pendidikan Kabupaten dan Provinsi :

Pembina, pengarah dan pendukung proses pendidikan dan pengembangan sekolah.

Pemerintah Daerah :

Pelindung, pembina, pengarah dan pendukung proses pendidikan dan pengembangan sekolah melalui koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur.

Perguruan Tinggi dan P4TK/LPMP:

Memberikan konsultasi dan kerjasama dalam pembuatan instrumen akademis serta menerima lulusan sebagai tujuan siswa pasca SMA.

Dunia Usaha :

Mendukung penyediaan berbagai Kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.

Lembaga Lain :

Menjalin kerjasama dalam meningkatkan mutu pengelolaan proses pendidikan di SMAN 1 Cibeber.

SMAN 1 Cibeber
PPDB 2122
Provinsi